dungmiri.ngawikab.id – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-76 Tahun 2021, dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Gedung Pancasila, Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, pada Selasa pagi (01/06).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual. Serta, dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi atau selaku Inspektur upacara.

Upacara di Halaman Gedung Pancasila tersebut diikuti Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tenaga Kesehatan dan Pelajar.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 01 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila. Dalam bermasyarakat, berbangsa  dan juga bernegara.” Tutur Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwasanya walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan bangsa Indonesia. Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidak semakin ringan.

Selain itu, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Termasuk rivalitas antar pandangan, antar nilai-nilai dan juga rivalitas antar ideologi.” Tegasnya.

Share and Enjoy !

Shares